Sabtu, 15 Juni 2013

KETERBATASAN LAPORAN KEUANGAN

Diposting oleh Unknown di 22.09

KETERBATASAN LAPORAN KEUANGAN
Pengambilan keputusan ekonomi tidak dapat semata-matadidasarkan atas infromasi yang terdapat dalam laporankeuangan. Hal ini disebabkan karena laporan keuanganmemiliki keterbatasan, antara lain:
1.      Bersifat historis yang menunjukkan transaksi dan peristiwayang telah lampau.
2.      2.Bersifat umum, baik dari sisi informasi maupun manfaatbagi pihak pengguna. Biasanya informasi khusus yang dibutuhkan oleh pihak tertentu tidak dapat secara langsung dipenuhi semata-mata dari laporan keuangan saja.
3.      3.Tidak luput dari penggunaan berbagai pertimbangan dan                                                taksiran.
4.  4.Hanya melaporkan informasi yang material.
5.      5.Bersifat konservatif dalam menghadapi ketidakpastian.Apabila terdapat beberapa kemungkinan yang tidak pastimengenai penilaian suatu pos, maka dipilih alternatif yang menghasilkan kenaikan ekuitas dana atau nilai aktiva yang paling kecil.
6.      6.Lebih menekankan pada penyajian transaksi dan persitiwasesuai dengan substansi dan realitas ekonomi dan bukanhanya bentuk hukumnya (formalitas).
7.      7.Adanya berbagai alternatif metode akuntansi yang dapatdigunakan sehingga menimbulkan variasi dalampengukuran sumber daya ekonomis dan tingkat kesuksesanantar OPZ.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Diah Novitasari Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting